Mahasiswa Era Kini: Kreativitas dan Bakat Juga Penting!

Di era kini yang kian sarat persaingan, mahasiswa tidaklah cukup mampu menguasai ilmu tertentu. Bakat, minat dan kreativitas di luar kegiatan perkuliahan pun tak elak menjadi modal besar dalam merintis masa depan.

Kreativitas mahasiswa Fakultas Teknobiologi (FTb) kembali ditonjolkan melalui acara puncak Senat Mahasiswa (SM), yaitu “Explore”. Acara ini diadakan pada 13 Januari 2018 yang lalu di lahan parkir Kampus 3 Unika Atma Jaya, BSD. Dengan mengangkat tema “Eksplorasi Persatuan dalam Perbedaan”, acara ini didasari oleh semangat sumpah pemuda yang disampaikan oleh muda-mudi Indonesia bertahun-tahun silam.

Tumpah darah yang satu diekspresikan dengan kunjungan ke beberapa SMA di bilangan Tangerang Selatan, yaitu SMA Santa Laurensia, SMA Stella Maris, dan SMA Tarakanita Gading Serpong. Pada acara ini, siswa-siswi SMA dengan panduan mahasiswa FTb ikut aktif mengeksplorasi beberapa eksperimen sains yang begitu menyenangkan, seperti membuat bath bomb, pembersih tangan, dan sirup padat.

 

Roadshow Explore 2018.

Puncak Explore 2018 diawali dengan talk show yang merupakan ekspresi dari salah satu semangat Sumpah Pemuda, yaitu berbangsa yang satu. Talk show dibawakan oleh Andry Ganda dan Yosi Mokalu (Cameo Project) dan Gloria Natapradja Hamel (Duta Pemuda Kemenpora). Pada kesempatan ini, para peserta diajak menilas balik bahwa media sosial merupakan hal sederhana yang memiliki dampak besar bagi masyarakat. Sudah banyak sekali berita, baik benar maupun hoax, terbukti telah menyebar begitu cepat. Masyarakat, khususnya kaum muda, haruslah mampu mengantisipasi fenomena ini dengan baik dengan membaca, menulis, dan menyebarkan berita yang telah terbukti benar dan tepat sasaran.

 

Beberapa penampilan Acara Puncak Explore 2018.

Setelah mendengarkan seminar yang sangat menarik, acara music night-pun dimulai. Pembukaan music night dimulai dengan pertunjukan tarian tradisional Bali dan paduan suara yang dipersembahkan oleh mahasiswa FTb sendiri. Budaya Indonesia kembali dipertunjukkan dengan penampilan Kolintang St. Yakobus. Euforia penonton semakin meningkat saat penampilan band Tabula Rasa, yang juga beranggotakan mahasiswa FTb. Selanjutnya, Deredia membuat suasana semakin ceria dengan lagu-lagu yang dibawakannya. Saat matahari mulai terbenam, telinga penonton dimanjakan oleh Senar Senja dengan alunan jazz-nya. Hari itu ditutup dengan penampilan Adithia Sofyan dengan lagu-lagu akustiknya yang membuat seluruh penonton bernyanyi dan menikmati malam itu.

 

Penampilan bintang tamu Explore 2018.

 

Diliput oleh Odelia Levana dan Stevany Tiurma Br Sormin, tim blog Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s