Yuk, Kenali Fakultas Teknobiologi Lebih Dalam!

Fakultas Teknobiologi (FTb) Unika Atma Jaya kembali memperkenalkan diri kepada masyarakat melalui pameran pendidikan dalam acara Indonesia International Education and Training Expo pada tanggal 22-25 Februari 2018. Perwakilan mahasiswa dari program studi (prodi) Bioteknologi dan Teknologi Pangan turut berbagi kepada pengunjung, yang didominasi oleh siswa-siswi SMA, mengenai apa saja yang mereka dapatkan selama berkuliah di FTb.

Mari kita intip sebagian kecil hal menarik yang bisa kita pelajari di FTb!

Semua sifat dan penampilan pada tubuh manusia, mulai ujung rambut hingga ujung kaki, ditentukan oleh DNA dan Human Genome Project bertujuan untuk menguak misteri seluruh DNA yang dimiliki manusia. Proyek ini diawali pada tahun 1990 dan berlangsung selama 13 tahun. Untuk belajar lebih lanjut tentang proyek ini dan kegunaannya, perwakilan mahasiswa dari prodi Biologi mengajak pengunjung untuk memecahkan teka-teki, yaitu mencari anak kandung dari sepasang suami istri. Pengunjung diberikan informasi genetika yang diwakili oleh berbagai jenis pola dari suami, istri, dan beberapa anak yang belum diketahui identitasnya. Melalui teka-teki ini, pengunjung dapat mengetahui bahwa informasi genetika (genotipe) lebih akurat jika dibandingkan dengan ciri-ciri fisik atau hal lainnya yang dapat terlihat (fenotipe).

Kegiatan menarik untuk mempelajari Human Genome Project

Dalam pameran ini, mahasiswa prodi Teknologi Pangan mengajak pengunjung untuk belajar cara “membungkus” bahan pangan atau obat berukuran kecil dengan menggunakan kalsium-alginat, atau dikenal sebagai enkapsulasi. Salah satu kegunaannya adalah untuk meningkatkan daya tahan bahan pangan, baik selama pengolahan maupun penyimpanan.

Pernah coba lemonade “ajaib” yang dapat berubah warna? Bukan sulap, bukan sihir, ternyata rahasianya ada di balik tanaman kembang telang (Clitoria ternatea). Pigmen atau zat warna pada tanaman ini dapat bereaksi dengan asam dan berubah warna. Karena itulah, air seduhan kembang telang berwarna biru akan berubah menjadi ungu ketika dicampur air lemon.

Ayo belajar tentang pemrosesan pangan dan cara membuat lemonade “ajaib”!

Masih belum puas bermain-main dengan bioteknologi? Fakultas Teknobiologi membuka pintu bagi siapa saja dalam acara Open House Atma Jaya pada 21 Mei 2018. Pengunjung berkesempatan berinteraksi dengan dosen, mahasiswa dan staf Fakultas Teknobiologi, sekaligus berkeliling kampus 3 BSD yang relatif baru untuk melihat fasilitas yang didapatkan mahasiswa selama menyelesaikan studinya.

Banyak kegiatan seru loh! Pengunjung dapat melihat bahwa bakteri yang selama ini tidak kasat mata ternyata berwarna-warni, dan bahkan dapat dimodifikasi sehingga berpendar seperti ubur-ubur! Berbagai koleksi tanaman hasil kultur jaringan turut ditampilkan. Melalui komunikasi interaktif yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen, suasana menjadi sangat hangat dan santai. Para tamu, termasuk para calon mahasiswa FTb 2018 terlihat sangat menikmati acara Open House ini. Beberapa malah sampai terpikir ide bisnis baru!

31052121_10156200485384876_5261102042998374400_n

31113351_10156200317774876_1876195625045852160_o

Sekilas pandang Open House

Tidak sempat ikut acara ini? Jangan khawatir, FTb selalu mengadakan banyak acara seru lainnya, salah satunya Festival Pangan dan Cendawan pada tanggal 12 Mei 2018 ini. Ayo datang ke pelataran taman Kampus BSD Unika Atma Jaya untuk ikut icip-icip berbagai produk makanan inovatif karya mahasiswa FTb. Supaya tidak kelewatan informasi, silahkan follow akun Instagram kami di biotechatmajaya. Sampai ketemu di Kampus BSD!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s